Selasa, 16 September 2008

Menjadi Guru yang Dekat dengan Siswa



Pada hakekatnya, guru merupakan orang tua kedua bagi siswa saat mereka ada disekolah. Sesuai dengan peran orangtua di rumah, guru juga harus mendidik siswanya dengan kasih sayang. Sayangi siswa seperti menyayangi anak sendiri.

Seorang guru tidak bisa memaksakan anak didiknya untuk mengerti dia. Tetapi guru yang harus berusaha mengerti mereka. Guru harus bisa masuk dalam dunia anak-anak. Bukan anak-anak yang dipaksa memasuki dunia guru.

Guru agar bisa dekat dengan siswanya, dia harus bisa mengambil hati atau perhatian mereka. Banyak cara yang bisa digunakan. Misalnya, guru dalam mengajar sering diselingi dengan cerita-cerita agar tidak membosankan. Selain cerita, guru juga bisa bercanda agar suasana pembelajaran menjadi santai dan tidak kaku. Guru juga harus kreatif dalam mengajarkan materi sehingga siswa merasa nyaman dan bisa belajar dengan aktif.

Selain itu, seorang guru sebaiknya jangan memulai pembelajaran sebelum suasana kelas tengan dan siswa dapat dikendalikan. Karena sebagus apapun cara kita mengajar apabila siswa belum dapat dikendalikan, materi tidak akan pernah tersampaikan dengan baik.

Selain interaksi dalam kelas, guru juga harus memanfaatkan waktu lain untuk bisa dekat dengan siswa. Misalnya, saat jam istirahat tidak ada salahnya guru menghabiskannya bersama siswa. Sambil beristirahat bersama siswa, guru bisa mengajak mereka bercerita, mengobrol sambil makan jajan. Cara ini cukup efektif untuk dapat mendekati siswa karena akan menghilangkan jarak guru dengan siswa sehingga suasana akrab bisa dimunculkan.

Hal-hal di atas akan dapat mendekatkan guru dengan siswa apabila dilaksanakan dengan hati dan penuh kasih sayang. Seorang guru harus menjadi sosok yang penuh kasih sayang, akrab, dan tentunya dapat menjadi contoh untuk siswa. Jadilah guru terbaik untuk masa depan anak didik yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
orang bilang sih cantik (hehe...soale tak paksa) gemar menulis, gemar membaca, gemar makan, gemar melamun, gemar nglayap, gemar tidur, pokoknya yang asik2 suka deh. aku sekarang jadi guru...terpaksa daripada dibilang pengangguran, tapi itu sementara kok. nanti saat waktunya tiba aku akan jadi presiden, haha dalam mimpi kali. yang pasti, aku adalah manusia jauh dari sempurna yang tetap mencoba, berusaha, latihan, berdoa, untuk menjadi lebih baik dan diridhoi Allah. InsyaAllah. Amin....