Minggu, 19 April 2009

INTI AKHLAQUL KARIMAH

Akhlaqul karimah merupakan representasi dari kebersihan hati dalam bentuk perilaku yang sesuai dengan aturan Islam. Seseorang dikatakan mempunyai akhlaqul karimah apabila:
1. Mencintai kebenaran, ditandai dengan keresahan hati melihat kedholiman. Cirinya adalah; jujur, adil, istiqomah, dan amanah.
2. Memiliki kekuatan (tegas, tegar, dan disiplin) dalam menghadapi masalah.
3. Himah/memiliki ambisi untuk selalu memperbaiki diri.
4. Rahmah/penuh dengan kasih sayang (pemaaf dan suka bermusyawarah)
5. Memiliki naluri sosial: empati dan itsar (mendahulukan orang lain)
6. Dermawan (hemat dan mempunyai harga diri)
7. Kemurahan hati (ridho dengan apa yang diberikan Allah pada kita)
Sekarang kita bisa mengukur diri kita, apakah ketujuh hal tersebut sudah ada dalam diri kita? Minimal setengahnya dari tujuh aspek akhlaqul karimah di atas. Apabila kita belum memilikinya, maka layaklah bagi kita untuk terus menginstrokpeksi diri.
Sebab semua permasalahan yang ada pada diri kita, keluarga kita, masyarakat kita, negara kita berawal dari buruknya perilaku kita. Banyak para pejabat Negara yang memekan uang rakyat bahkan tanpa rasa malu terlibat dalam skandal seks, merupak tanda-tanda buruknya akhlak mereka.
Kunci untuk menyelesaikan masalah bangsa yang sudah mengakar adalah dengan perbaikan moral bangsa. Kita sebagai penerus bangsa harus menjadi pelopor dalam perbaikan moral.
Beri peran dalam perbaikan moral bangsa dengan selalu berusaha memperbaiki akhlak kita. Jangan saling menyalahkan antara yang satu dengan yang lain. Kadang penyebab banyaknya masalah dalam masyarakat kita karena kita merasa paling benar dibanding yang lain.
InsyaAllah bangsa ini akan menjadi lebih baik dan mulia jika kita menjadi manusia yang selalu berprasangka baik dan selalu memperbaiki diri.
Waallohualam.

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
orang bilang sih cantik (hehe...soale tak paksa) gemar menulis, gemar membaca, gemar makan, gemar melamun, gemar nglayap, gemar tidur, pokoknya yang asik2 suka deh. aku sekarang jadi guru...terpaksa daripada dibilang pengangguran, tapi itu sementara kok. nanti saat waktunya tiba aku akan jadi presiden, haha dalam mimpi kali. yang pasti, aku adalah manusia jauh dari sempurna yang tetap mencoba, berusaha, latihan, berdoa, untuk menjadi lebih baik dan diridhoi Allah. InsyaAllah. Amin....